Analisis Jurnal Kecerdasan Buatan

Analisis jurnal
SISTEM PAKAR PENDIAGNOSA PENYAKIT GINJAL
Nama Peneliti : Luther Latumakulita, Chriestie E. J. C. Montolalu
Universitas : Universitas Sam Ratulangi
Fakultas : FIMPA
Jurusan : matematika
p-ISSN : 1412-3770
e-ISSN : 2540-9840

A.Latar Belakang

Jurnal yang dianalisis berjudul “SISTEM PAKAR PENDIAGNOSA PENYAKIT GINJAL”. Sistem pakar adalah merupakan salah satu cabang kecerdasan buatan yang mempelajari bagaimana meniru Cara berpikir seorang pakar dalam menyelesaikan suatu permasalahan.Membuat keputusan maupun mengambil kesimpulan sejumlah fakta. Kajian pokok dalam system pakar adalah bagaimana mentransfer pengetahuan yang dimiliki oleh seorang pakar kedalam computer dan bagaimana mengambil keputusan dan juga mengambil kesimpulan berdasarkan pengetahuan itu. Dengan menyimpan informasi dan digabungkan dengan himpunan aturan penalaran yang memadai memungkinkan komputer memberikan kesimpulan atau mengambil keputusan seperti seorang pakar. maka penulis membuat system pada komputer yang bisa menyelesaikan masalah dan memberikan solusi tentang bagaimana mendeteksi penyakit ginjal sejak dini pada manusia.

B.Tujuan

Dilihat dari pentingnya ginjal dalam tubuh manusia yang merupakan organ vascular ( kaya pembulu darah ), maka penelitian ini bertujuan untuk dapat memecahkan suatu masalah mengenai penyakit ginjal yang menyerang manusia.

C.Metode

Aplikasi Sistem Pakar ini adalah merupakan paket perangkat lunak yang membahas bagaimana cara untuk mendeteksi penyakit ginjal pada manusia. Sistem pakar pendeteksi penyakit ginjal pada manusiaini terdiri atas 2 bagian yaitu : Lingkungan Pengembangan(Development environment)dan Lingkungan Konsultasi (Consultation environment ) Konsep Dasar Pengembangan Sistem.Untuk membangun aplikasi system pakar ini melalui beberapa tahapan pengembangan antara lain :

1.Menentukan bahasa pemrograman yang akan digunakan.
2.Analisa system
3.Desain Sistem.
4.Prototype dasar kasus.

D.Pembahasan (cara kerja)

Identifikasi dilakukan dengan menggambarkan proses yang terjadi pada aplikasi system pakar yang dibangun secara keseluruhan. Prosestersebut antara lain:

1.Usermemberikan informasi gejala suatu penyakit.
2.Aplikasi akan melakukan pengecekan pada basis data/database.
3.Proses pengolahan data dilakukan dengan mengindetifikasi permasalahan dengan menentukan macam dan jenis gejala.
4.Menentukan/mendeteksi berapa persen mengidap penyakit ginjalpada manusia.
User yang ingin mengetahui gejala yang menimbulkan penyakit ginjalharus memasukan informasi berupa data –data gejala, jenis dan ciri penyakit yang di derita.Proses indentifikasi akan dimulai dengan akuisisi pengetahuan (Knowladge Acquisition) dilanjutkan dengan representasi Pengetahuan (Knowledge reperesetation).

E.Kelebihan Jurnal

Aplikasi system pakar pendiagnosa penyakit ginjal dapat melakukan diagnose terhadap penyakit ginjal menurut pengetahuan yang diperoleh dari pakar (dokter ahli penyakit dalam) dan diinput sebagai basis pengetahuan pada system ini.Tingkat kepercayaan yang diperoleh dapat mewakili tingkat kepercayaan jikadiagnosa dilakukan oleh seorang pakar

F.Saran
Semoga hasil penelitian ini dapat dikembangkan, akan lebih baik jika pada aplikasi diberikan gambar ginjal sehingga dapat diketahui dimana letak penyakitnya.

G.Kesimpulan
Hasil dari penelitian ini adalah telah dibuatnya aplikasi system pakar untuk pendiagnosaan penyakit ginjal yang tingkat kepercayaan yang diperoleh dapat mewakili tingkat kepercayaan jikadiagnosa dilakukan oleh seorang pakar

H.Daftar Pustaka

Ignizio, J.P. 1991.Introduction to Expert System.Mcgraw –Hill,Inc, USA.
Turban, E.1995. Decision Support and Expert System, Management Support Systems.Prentice Hall Inc, New York.
Mary Baradero, SPC, MN. 2009. Seri Asuhan Keperawatan Klien GangguanGinjal. Penerbit Buku Kedokteran.
Kristanto, H. 2000. Konsep dan Perancangan Database. AndiOffset,Yogyakarta.
Arhami, N. 5005. Konsep Dasar Sistem Pakar. AndiOffset, YOgyakarta.

Sumber

Nama : RIo Fiqih Zichado
NPM : 16115032
Kelas : 3KA03

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s