Makalah Pembuatan animasi menggunakan Picsart Animator

1. Pendahuluan
1.1. Latar belakang
Saat ini kita hidup di era teknologi informasi, era dimana alat-alat teknologi digital dilahirkan. Bukan tanpa alasan, lahirnya penemuan-penemuan di bidang teknologi adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Komputer, internet, e-mail, dan lainnya, merupakan deretan penemuan besar manusia yang tercipta di era ini. Hingga saat ini, penemuan-penemuan tersebut telah memiliki sumbangsih nyata dalam membantu mempermudah pekerjaan manusia. Selain bertujuan mempermudah pekerjaan manusia, penemuan-penemuan di bidang teknologi informasi juga bertujaun membantu memenuhi kebutuhan manusia yang semakin komplek. Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai inovasi di dunia teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, terutama kebutuhan informasi dan hiburan (intertainment). Dan salah satu penemuan yang paling dikenal adalah munculnya istilah multimedia. Maka kemudian banyak diciptakannya alat-alat yang mendukung konsep multimedia ini.
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Bila dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai dengan aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality). Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan untuk pembuatan animasi. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

B. Rumusan Masalah
• Pengertian animasi
• Pembagian animasi
• Proses pembuatan animasi mengunakan aplikasi picsart animator

1.3. Tujuan
• Mengetahui pengertian animasi
• Mampu memahami dan mengerti tentang animasi
• Dibuanya animasi pendek menggunakan aplikasi picsart animator

1.4. Sistematika Penulisan
Pembahasan dalam makalah ini dibagi ke dalam empat bab. Gambaran umum tentang isi dari setiap bab pada makalah ini sebagai berikut:
1.Pendahuluan
Bab ini berisi latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, sistematika penulisan.
2.Pembahasan
Bab ini menguraikan teori-teori yang mendukung dan berhubungan dengan penyelesaian permasalahan makalah ini.
3.Penutup
Bab ini berisi kesimpulan yang didapat dari hasil penjelasan pada bab sebelumnya.

2. Pembahasan
2.1. Pengertian Animasi
Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. shingga karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.

2.2. Jenis-jenis animasi
Dilihat dari tehnik pembuatannya animasi yang ada saat ini dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu:
1. Animasi Stop-motion (Stop Motion Animation)
2. Animasi Tradisional (Traditional animation)
3. Animasi Komputer (Computer Graphics Animation)

1. Stop-motion animation
Stop-motion animation sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan . Tehnik stop-motion animation merupakan animasi yang dihasilkan dari penggambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap. Dalam pengerjaannya teknik ini memiliki tingkat kesulitan dan memerlukan kesabaran yang tinggi.
Wallace and Gromit dan Chicken Run , karya Nick Parks, merupakan salah satu contoh karya stop motion animation.

2. Animasi Tradisional (Traditional animation)
Tradisional animasi adalah tehnik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional karena tehnik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. Tradisional animasi juga sering disebut cel animation karena tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang sering kita gunakan. Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan digambar satu persatu di atas cel.
Dengan berkembangnya teknologi komputer, pembuatan animasi tradisional ini telah dikerjakan menggunakan komputer. Teknik pembuatan animasi tradisional yang dibuat dengan menggunakan komputer lebih dikenal dengan istilah ANIMASI 2D.

3. Animasi Komputer
Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur gerakkan “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta special effeknya semuanya di kerjakan dengan komputer.
Dengan animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan dengan animasi menjadi mungkin dan lebih mudah. Sebagai contoh perjalanan wahana ruang angkasa ke suatu planet dapat digambarkan secara jelas, atau proses terjadinya tsunami.
Animasi Komputer dapat di bagi menjadi 2 jenis, yaitu :
a. Animasi 2 dimensi
Figur dibuat dan diedit dengan menggunakan bitmap 2D atau menggunakan vector 2D, tehnik ini meliputi versi komputer dari tweening (gerakan inbetween yang berfungsi sebagai penghalus suatu gerakan), morphing, onion skinning ( beberapa layer dengan gambar posisi berkesinambungan supaya ilusi gerak dalam dapat ditangkap), dan rotoscope terinterolasi.

Animisi 2 dimensi dapat digolongkan berdasarkan teknik/cara pembuatan (Pangestu 16), yaitu :
1.Animasi Frame
Animasi ini mengandalkan perubahan gerak pada setiap frame.
2 Animasi Vector
Animasi ini grafik atau gambar yang digunakan adalah grafik vektor(gambar yang dihasilkan oleh komputer).salah satu penghasil animasi vector adalah Macromedia Flash dan sekarang sudah diambil alih oleh Adobe menjadi Adobe Flash CS3.
3. Animasi Blend (computational animation)
Animasi ini tidak menampilkan gambar pada frame-frame dalam menggerakkan gambar, melainkan menggunakan perhitungan matematika.
4. Animasi Morphing
Gerakan dalam animasi ini muncul akibat perubahan atau transisi dari suatu bentuk ke bentuk yang lain. Setiap transisi menampilakan suatu urutan frame, dengan demikian hasil yang didapat adalah pergerakan yang mulus.
5. Animasi Karakter Fantasi
Tehnik ini mampu menampilkan karakter obyek secara menonjol animasi karakter mengkhususkan diri pada pembentukan model dan gerakan baik manusia maupun binatang.

b. Animasi 3 dimensi
Figur dibuat di komputer menggunakan polygon. Demi memungkinkan meshes ini bergerak diberikan rangka digital. Proses ini disebut rigging. Bermacam teknik lain dapat diaplikasikan, seperti fungsi matematika (grafitasi), bulu atau rambut simulasi, efek seperti api atau air, dan sebagainya. Contoh : Shrek dan The Wild.
Berikut ini merupakan jenis-jenis animasi menurut Frank Thomas dan Ollie Johnston :
1. Puppet (stop motion dengan menggunakan boneka)
2. Objek apapun yang memiliki massa
3. Pixilation (stop motion yang menggunakan manusia)
4. Clay motion

2.3. Picsart animator
PicsArt Animator adalah aplikasi untuk membuat animasi sederhana dalam format GIF atau video. Anda hanya perlu menggambar dengan jari pada kanvas atau layar kosong, atau menggunakan foto dari galeri sebagai permulaan. PicsArt Animator memiliki aneka alat menggambar yang bervariasi, termasuk belasan kuas yang dapat diubahsuai dan palet warna lengkap. Selain itu, sistem lapisan memungkinkan Anda mengerjakan animasi dengan lancar dan memperbaiki kesalahan dalam hitungan detik. Setelah selesai membuat animasi, atur frame rate dan format keluaran: GIF atau video. Dan pengguna bisa membagi hasilnya secara langsung ke jejaring sosial.

2.4. Fitur pada Picsart animator
Pada tampilan awal pengguna dapat memilih jenis lembar kerja yang diinginkan, ada empat pilihan lembar kerja yang dapat dipilih, yakni :
1. Kosong : lembar kerja dengan background warna putih polos
2. Kertas : lembar kerja dengan background pattern atau motif
3. Galeri : lembar kerja dengan background foto yang diimport dari galeri
4. Emojikan saya : Pembuatan animasisecara otomatis menggunakan kamera

2.5. Tools pada Picsart animator
Tools pada aplikasi Picsart animator tidaklah banyak, berikut akan dijelaskan fungsi dari tools yang ada :
1. Colour : untuk memilih warna
2. Brush : untuk memilih jenis kuas yang ingin digunakan, dapat diatur ukuran dan opasitasnya
3. Eraser : untuk menghapus
4. Shape : untuk menggambar menggunakan bentuk lingkaran, kotak, segitiga, dll. Dapat diatur ukuran dan opasitasnya
5. Fill colour : memberikan warna secara keseluruhan
6. Selection : untuk memilih area yang ingin di edit
7. layer : Penempatan lapisan pada project
Dalam layer terdapat beberapa tools, diantaranya :
1. speed : mengatur kecepatan durasi project
2. Pencil : mengedit di lembar kerja
3. Duplicate : membuat salinan project
4. Rewind : membuat project diputar secara bolak-balik
5. Opacity : mengatur opacity layer project
6. Slow : membuat durasi project menjadi lebih lambat

2.6. Kelebihan Picsart animator
Kelebihan aplikasi Picsart animator dibandingkan aplikasi animasi lain adalah :
1. Mudah digunakan
2. Tampilan yang simple
3. Tools yang sederhana
4. Tidak membutuhkan banyak memori

2.7. Membuat animasi bola memantul di Picsart animator
Animasi sederhana yang dapat kita buat menggunakan aplikasi Picsart animator adalah bola yang menantul, untuk membuat animasi tersebut ikuti langkah-langkah berikut :
– Buat project baru
– Pilih lembar kerja kosong
– Pilihlah warna yang akan digunakan
– Buat bola menggunakan shape lingkaran
– Tempatkan shape lingkaran di bagian tengah lembar kerja
– Buat screen baru
– Buat bola menggunakan shape lingkaran lagi
– Tempatkan shape lingkarang lebih kebawah dari posisi awal
– Ulangi stepnya sampai shape lingkaran berada di bagian bawah lembar kerja
– Lalu save projectnya
– Selesai

3.Penutup
Kesimpulan
Picsart animator adalah aplikasi pembuatan animasi yang sangat mudah digunakan, melalui Picsart animator pengguna dapat berkreasi mengguakan tools, foto, atau dari kamera sesuai dengan kebutuhannya, aplikasi ini sangat mudah dipelajari dan tidak membutuhkan memori yang besar.

Sumber 1
Sumber 2

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s